Rabu, 05 Desember 2012

"History Moluccas"

     Sebelum membahas tentang sejarah Maluku disini saya akan menjelaskan sedikit alasan  kenapa saya memilih isi dari blog ini tentang Maluku karena, saya berasal dai Maluku khusunya Kota Ambon mungkin isi dari blog ini tidak terlalu rinci karena pengetahuan saya yang tidak seberapa, namun harapan saya bagi siapa saja yang membaca blog ini dapat menambah wawasan tentang Maluku dan juga dapat mengangkat sisi positif dari Kota Ambon maupun tempat pariwisatanya. Thanks :)

Ini adalah Peta Kota Ambon

     Maluku atau yang dikenal secara internasional sebagai Moluccas adalah salah satu provinsi tertua di Indonesia. Ibukotanya adalah Ambon. Pada tahun 1999, sebagian wilayah Provinsi Maluku dimekarkan menjadi Provinsi Maluku Utara, dengan ibukota di Sofifi. Provinsi Maluku terdiri atas gugusan kepulauan yang dikenal dengan Kepulauan Maluku. Maluku merupakan salah satu propinsi tertua dalam sejarah Indonesia merdeka, dikenal dengan kawasan Seribu Pulau serta memiliki keanekaragaman sosial budaya dan kekayaan alam yang berlimpah. Secara historis kepulauan Maluku terdiri dari kerajaan-kerajaan Islam yang menguasai pulau-pulau tersebut. Oleh karena itu, diberi nama Maluku yang berasal dari kata Al Mulk yang berarti Tanah Raja-Raja.
Daerah ini dinyatakan sebagai propinsi bersama tujuh daerah lainnya ? Kalimantan, Sunda Kecil, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatera ? hanya dua hari setelah bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun secara resmi pembentukan Maluku sebagai propinsi daerah tingkat I RI baru terjadi 12 tahun kemudian, berdasarkan Undang Undang Darurat Nomor 22 tahun 1957 yang kemudian diganti dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 1958.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar