Kamis, 06 Desember 2012

Mengulik sedikit Kapitan Pattimura (1783-1817)

   Pada posting tanggal 5 desember lalu saya membahas tentang Pahlawan Nasional Maluku, dan seperti yang saya janjikan saya akan membahas ke-2 Pahlawan Nasional Maluku yaitu Kapitan Pattimura dan Martha Christina Tiahahu. 
Okeh langsung saja, selamat membaca....... :)
  
    Thomas Matulessy alias Kapitan Pattimura lahir di desa haria, pulau saparua pada tanggal 8 juni 1783. Thomas Matulessy mantan sersan mayor dalam ketentaraan inggris. Dia mempunyai pengalaman mempimpin pasukan. Ia adalah seorang komandan dengan sifat-sifat kesatria yaitu gagah perkasa dan pemberani. Berwatak keras namun jujur dan disiplin. Ia juga seorang kristen protestan yang saleh dan berperikemanusiaan.
Pada waktu pecah perang melawan penjajah belanda tahun 1817 raja-raja, patih, para kapitan, tua-tua adat dan rakyat mengangkatnya sebagai pemimpin dan panglima perang karena berpengalaman dan memiliki sifat-sifat kesatria atau dalam bahasa ambon/maluku adalah kabaressi. Kapitan Pattimura juga di bantu oleh para panglimanya antara lain Mechior Kesaulya, Anthoni Rebhok, Philip Latumahina dan Ulupaha. Pertempuran menghancurkan belanda namun,
Pertempuran- pertempuran yang hebat melawan para penjajah sayangnya tidak berbuah manis sebab Kapitan Pattimura beserta pejuang - pejuang yang lainnya akhirnya di tangkap dan mengakhiri pengabdiannya di tiang gantungan pada tanggal 16 desember 1817 di kota Ambon. Untuk itu atas jasa dan pengorbanannya itu, Kapitan Pattimura di kukuhkan sebagai Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Posting berikutnya saya akan membahas pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu. pantengin terusss :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar