Kamis, 06 Desember 2012

"Tarian Dan Lagu Daerah Khas Maluku"


  Lagu Daerah khas maluku yaitu:Rasa Sayang-sayange, Ayo Mama, Buka Pintu, Burung Tantina, Goro-Gorone, Huhatee, Kole-Kole, Mande-Mande, Ole Sioh, O Ulate, Sarinande, Tanase.

Berikut ini Tarian Khas Maluku :))
 
 1. Tari Cakalele
 
 
  
   Cakalele merupakan tarian tradisional khas maluku  yang di mainkan oleh 30 laki-laki dan perempuan. para penari laki-laki mengenakan pakian perang yang didominasi oleh warna merah dan kuning tua. pada penari laki-laki menggenggam senjata pedang (parang) di sisi kanan dan tameng (salawaku) di sisi kiri mengenakan topi yang terbuat dari alumanium dan diselipkan bulu ayam berwarna putih. sedangkan penari perempuan mengenakan baju berwarna putih dan menggenggam sapu tangan (lenso) di kedua tangannya. para penari ini menari berpasangan dengan diiringi beduk (tifa) suling, dan kerang besar yang di tiup (bia). Tarian cakalele ini disebut juga tari kebesaran karena di gunakan untuk penyambutan para tamu agung seperti tokoh agama, dan pejabat pemerintah yang berkunjung di ke bumi Maluku.

2. Tari Lenso

 
   Tarian Lenso adalah tarian muda-mudi dari daerah Minahasa (sulut) dan daeah Maluku,Tarian ini biasanya di bawakan secara ramai-ramai bila ada Pesta. Baik Pesta Pernikahan, Panen Cengkeh, Tahun Baru dan kegiatan lainnya.
Tarian ini juga sekaligus ajang Pencarian jodoh bagi mereka yang masih bujang mau coba? hahah
Lenso artinya Saputangan. Istilah Lenso, hanya dipakai oleh orang-orang (masyarakat di daerah Sulut, sebagian Sulteng dan daerah lain di Indonesia Timur)


1 komentar: