Rabu, 19 Desember 2012

Perangkat Keras (hardware)

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian komputer dalam bentuk fisiknya,  dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Komponen Hardware terdiri dari :

1. central processing unit (CPU)
    yang mana terdiri dari : control unit dan arithmatic logic unit (ALU)
 
2. Media penyimpanan atau memory

Media atau tempat untuk penyimpanan sangatlah dibutuhkan oleh komputer, karena fungsi penyimpanan ini untuk menampung dan menyimpan sementara berbagai macam program dan data yang sedang diproses oleh prosessor, media penyimpanan data ini disebut dengan memory.
 
Macam-macam penyimpanan data:

    1. Register prosesor
    2. RAM atau Random Access Memory
    3. Cache Memory (SRAM) (Static RAM)
    4. Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM)
    5. Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis
    6. Perangkat penyimpanan berbasis disk optik
    7. Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory)
    8. Flash Memory
    9. Punched Card (kuno)
   10.CD atau Compact Disk
   11. DVD

Untuk lebih jelas mengenai tiap-tiap media penyimpanan silahkan kunjungi ref nya dari http://id.wikipedia.org/wiki/Memori_%28komputer%29
 
3. Input device (peralatan input)
 
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
 
4. Output device (peralatan output)
 
Macam-macam alat output :
 
  • SPEAKER
Fungsi : Mengeluarkan suara dari computer / device lain. Baik itu musik,suara manusia dll.
  • PRINTER
Fungsi : Merupakan alat pencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam computer adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunkan computer maka perlu dicetak di kertas dengan printer.

  • MONITOR
Fungsi : Untuk menampilkan gambar, film, dan Tulisan.


5. Communication device (peralatan komunikasi)
 peralatan komunikasi salah satunya adalah :
 
1.  modem (modulation demodulation)    
 
2.  Fiber Optic
 
     Fiber optic merupakan jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam frekuensi tinggi. Dalam jaringan ini jalur komunikasi tidak menggunakan kawat tembaga tetapi menggunakan cahaya sebagai penghantar datanya.
 
3. Leased line
 
    Leased line merupakan jaringan telepon tetap (permanen) yang menghubungkan dua tempat atau lebih. Jaringan ini tidak mempunyai alat pengalih (switching) atau sejenisnya. Jaringan ini bekerja di antara tempat-tempat yang dihubungkan tersebut secara spesifik atau yang sudah ditentukan. Jaringan ini dikenal juga dengan sebutan private line. 
 
4. wireles
   
    Wireless adalah jaringan komunikasi nir kabel (tanpa kabel). Jaringan komunikasi ini menggunakan gelombang radio/frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai penghantar informasi. Jaringan komunikasi ini menggunakan alat pemancar, penguat, dan penerima gelombang yang berisi data tersebut. 
 
5. Jaringan Komunikasi dengan Satelit
   Jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya. dll

itulah sedikit perangkat keras (hardware) yang saya jelaskan. mudah-mudahan bisa menambah wawasan untuk kita. berikutnya saya akan membahas perangkat lunak (software) thanks ;;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar