Rabu, 05 Desember 2012

"Marga Adalah Ciri Khas Orang Indonesia Timur"

Marga adalah ciri khas orang indonesia bagian timur, khususnya Maluku, Marga Ambon merujuk kepada nama keluarga atau marga yang dipakai di belakang nama depan masyarakat Ambon/Maluku.

Di Indonesia Timur nama marga biasa juga disebut fam, yang menunjukkan pengaruh dari bahasa Belanda. Kata fam berasal dari kata familienaam yang berarti "nama keluarga".

Marga Ambon diambil dari nama keluarga yang digunakan oleh ayah. Nama anak dari sebuah keluarga akan ditambahkan nama keluarga sang ayah di belakangnya. Dari nama-nama marga Ambon ini, dapat dilihat pengaruh Portugis , Belanda, Jazirah Arab , Spanyol dan Bahasa-bahasa asli Maluku khususnya, yang menunjukkan besarnya pengaruh bangsa-bangsa itu di wilayah ini.

Maluku juga mempunyai suku-suku yang banyak, dimana setiap suku mempunyai fam atau marga yang mencerminkan atau menunjukkan asal sukunya. mungkin disini saya tidak membahas secara detail suku-suku dan marganya, namun ada beberapa fam yang saya akan tulis, karena berhubung teman-teman saya banyak yang mempunyai marga :)
  • Makatita 
  • Soulisa
  • Putuhena
  • Marasabessy
  • Wailisahalong
  • Mewar
  • Suneth
  • Tuhepaly
  • Ulat
  • Salong
  • Samanery
masih banyak lagi tapi, mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan, karena saking banyaknya fam atau marga yang ada di kota Ambon atau Provinsi Maluku. okeh sekian dari penjelasn Marga atau Fam ini. :)
oh iya karena ayah saya berasal dari bandung makanya saya tidak mempunyai Marga/Fam tetapi saya tetap orang maluku dan saya bangga. (curhat dikit hihihi :D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar